Karya Tulis Ilmiah Tentang Kegiatan Kampus

Kegiatan Kampus

Hari ini adalah hari pertama ku di kampus. Aku baru saja lulus dari SMA Islam BAWARI di daerah Pontianak dan setelah lulus aku pun memutuskan untuk melanjutkan perkuliahan di Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Jarak rumahku dan kampus tidak terlalu jauh, sekitar 20 menit sampai di kampus.
Kegiatan dikampus yang pertama adalah Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Kegiatan PBAK dimulai pukul 05.30 dan dilaksanakan selama 4 hari. Selama 4 hari, aku mengikuti kegiatan PBAK dengan penuh semangat. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa baru, karena memberikan pengenalan budaya akademik yang ada dikampus.
Setelah selesai mengikuti kegiatan PBAK, kuliah diliburkan beberapa hari. Selanjutnya setelah beberapa hari libur, aku masuk kembali ke dunia perkuliahan. Di kampus, aku langsung diberikan arahan untuk mengikuti kegiatan matrikulasi. Kegiatan ini dijadwalkan selama 1 semester. Selain kegiatan matrikulasi masih banyak kegiatan kampus yang aku ikuti.
            Kegiatan demi kegiatan aku ikuti di kampus, seperti mengikuti organisasi, seminar, dan lain-lain. Oleh karena itu, aku lebih banyak menghabiskan waktu di kampus daripada di rumah. Karena di kampus aku mendapatkan semua kebutuhan yang ku inginkan. Dari akses internet (Wifi), perpustakan yang menyediakan banyak buku, adanya tempat bersantai dan terutama banyak teman baru yang semakin membuat ku betah di kampus.
Selain itu, hampir setiap minggu juga dilaksanakan kegiatan mentoring. Kegiatan ini bertujuan sebagai kegiatan tambahan bagi mahasiswa baru agar terciptanya kepribadian islami. Karena dalam mentoring, diajarkan pengajaran dan pembinaan oleh mentor yang merupakan Kakak senior yang ada di kampus. Mereka memberikan pengajaran dan pembinaan dengan menasehati kami untuk kebaikan dan melakukan sesuatu dengan cara mengikuti apa-apa yang dicintai Allah.
Jadi, menurutku kegiatan yang paling berkesan adalah kegiatan mentoring. Karena kegiatan ini yang paling banyak manfaatnya dalam membentuk kepribadian ku yang semakin baik. Selanjutnya, setelah kegiatan mentoring aku kembali disibukan dengan kegiatan Bidikmisi. Dimana kegiatan ini dikhususkan untuk Mahasiswa berprestasi yang mendapat beasiswa Bidikmisi. Dalam kegiatan ini akan diadakan seminar Karya Tulis Ilmiah di Aula Masjid IAIN. Dalam persiapan seminar, aku menjadi ketua bagian perlengkapan yang menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Aku pun merasakan bagaimana menjadi seorang ketua.
Awalnya aku sedikit pusing dalam menyiapkan kebutuhan yang diperlukan dalam kegiatan Seminar. Tapi aku beruntung, teman-teman ku yang juga menjadi panitia mau membatu bagian perlengkapan dalam menyiapkan kebutuhan yang diperlukan. Jadi aku tidak pusing lagi dalam menyiapkan keperluan yang dibutuhkan. Setelah semua yang diperlukan sudah ada, aku dan panitia lain pun bersama-sama melaksanakan gladih bersih.
Keesokan harinya kegiatan seminar pun dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari.Aku pun senang sekali, karena dalam kegiatan ini aku mendapat ilmu tambahan tentang penulisan karya ilmiah. Selain itu, aku juga mendapat teman baru. Aku pun sangat senang dengan mengikuti rangkaian kegiatan yang ada dikampus ini.
Aku pun semakin menikmati hari-hari ku di kampus ini dengan kegiatan demi kegiatan yang ku ikuti. Aku pun berharap bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu dengan mengikuti rangkaian kegiatan yang ada di kampus. Begitulah kehidupan baru ku selama di kampus. Masih banyak rintangan yang harus aku hadapi selama menempuh pendidikan di IAIN Pontianak.


~SELESAI~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Abul Aliyah Ar-Riyahi

Tugas Fiqh dan Ushul Fiqh